PENTINGNYA VAKSIN FLU UNTUK PENCEGAHAN SAKIT INFLUENZA




Hai Moms...
Healthy Kids Happy Mom
Pernah dengar kan Moms ungkapan di atas ?
Aku pribadi setuju sekali dengan istilah di atas, karena sebagai Working Mom kalo anak sakit itu bener-bener bikin enggak konsen dalam bekerja. Bawaannya bolak balik ngecek ke rumah.  Belum lagi kalo anak dititipkan di daycare karena enggak punya ART seperti saya, akan kerepotan banget.
Influenza atau yang lebih sering dikenal dengan Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh Virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit Influenza sering dianggap ringan, ternyata berisko tinggi bagi anak-anak. [1]
Anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun adalah kelompok yang paling beresiko tertular Flu dan terkena komplikasi seperti sinus hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia dan broncitis.[2] Ditambah lagi dengan kondisi sistem kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna. Maka dari itu, flu tidak boleh kita sepelekan.

Penularan Flu Pada Anak
Anak saya semuanya memang dititipkan di Daycare. Salah satu risiko apabila anak ditipkan di Daycare adalah anak akan mudah tertular penyakit dari temannya. Pada saat anak saya berusia 2 tahun, sering kali didapati tiba-tiba anak bersin-bersin dan kemudian meler. Padahal baru sebulan sebelumnya sembuh.
Ya Moms, memang penularan Fu pada anak-anak mudah sekali di area atau daerah yang kebersihan dan kesterilannya kurang bersih. Apalagi area tersebut menjadi area publik ya. Sehingga saat anak-anak berada di area tersebut tanpa perlindungan dari diri maka akan mudah anak terkena Flu.


Tanda Tanda Anak Terkena Flu
Moms, tanggal 27 Juli 2019 kemarin waktu acara Blogger Gathering dan Talkshow yang diselenggarakan oleh The Urban Mama bareng dengan @Kenapaharusvaksin, disitu di bahas langsung sama Dokter Attila Dewanti dan Maya Septha bahwa beberapa tanda anak terkena flu itu seperti Sakit Kepala, Pilek, Hidung Tersumbat, merasa kelelahan, batuk dan sakit tenggorokan, demam dan juga nyeri badan.


Cara Pencegahan dan Perlindungan
Lalu, sebetulnya bagaimana cara untuk mencegah keluarga kita terkena flu ?
Yang pertama dilakukan adalah Lakukan Vaksin Flu secara berkala. Setiap enam bulan sekali pada seluruh anggota keluarga. Vaksin flu ini menurut Dokter Attila Dewanti juga dapat dilakukan untuk bayi mulai usia 6 (enam) bulan.  Vaksin flu menurut @kenapaharusvaksin aman karena Vaksin Flu dibuat dengan keamanan dan produksi yang  ketat. Vaksin Flu mengandung strain yang lebih lengkap memberikan proteksi yang maksimal.
Langkah kedua adalah sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat atau gunakan antiseptik yang berbasis alkohol. Biasanya kalo di rumah nie Moms, aku secara berkala menjadwalkan untuk mencuci mainan anak-anak yang sering dipakai bermain agar mainan anak-anak lebih bersih dan steril.
Moms, kalo mau tahu informasi yang lebih lengkap dan akurat bisa mampir ke Instagramnya @kenapaharusvaksin . Di sana akan ada banyak sekali informasi mengenai Vaksin.
Ga Cuma itu, untuk seputar parenting, kesehatan keluarga juga boleh dong mampir ke instagramnya @theurbanmama atau langsung ke webnya di www.theurbanmama.com .

Salam sehat Moms,
Nona Septiana







[1] Flu Information, The Flu : A guide for Parents, www.cdc.gov/flu/protect/children.htm.
[2] Flyer Kenapa harus vaksin

Komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  2. Wah infinya nice banget, krn kebersihan pangkal iman ya bun

    BalasHapus
  3. Makanya flu ga bisa dianggap enteng ya Mom mengingat cara penularan yg cepet bgt plus ada komplikasi juga ya kalo terus berlama2 dengan penyakit flu.

    Dan emang bener vaksin is the best way ya supaya anak2 kita bs terhindar dr sakit flu paling tidak kita bisa mencegahnya yaa..


    Semangat sehat terus ya Moms buat dirimu dan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, makanya anak2 semua aku vaksinkan.

      Hapus
  4. Makasi mom infonya semakin mantap ak bln depan buat vaksin INfluensa buat si boy

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan nie Mom, anakku bulan depan juga mau Vaksin ini. Pas bgt umurnya 1 tahun.

      Hapus
  5. Wah infonya sangat bermanfaat sekali mom, kebetulan anakqu sering juga flu

    BalasHapus
  6. Wahh thanks banget infonya mom Oci cantik

    BalasHapus
  7. Terima kasih sharing-nya, Mom.... Tahun ini aku juga mulai ambil vaksin flu buat diri sendiri selain untuk anak-anak juga, berusaha melindungi keluarga dengan lebih baik.

    BalasHapus
  8. Thanks utk tips dan sharenya mom Ochi, semoga kita selalu menjaga kebersihan agar kita dan anak" serta keluarga sehat terus...

    BalasHapus
  9. Wajib aku sebarin deh info penting kayak gini,thanks miciii
    untuk berbagi info nya,sangat bermanfaat banget... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama cantik. Makasihbudh berkunjung ya ke blog aku.

      Hapus

Posting Komentar