Program Warung Anak Sehat Akses Jajan Sehat Untuk Anak Indonesia



Hai Moms semua

Untuk memberikan nutrisi yang terbaik, hal yang saya lakukan adalah memasak makan untuk anak-anak. Belajar memasaknya pun bisa dari Mama,sahabat sampai dengan memanfaatkan channel you tube dan blog yang banyak mengulas soal menu seimbang. Selain memasak menu utama, semenjak menjadi Ibu saya jadi belajar juga membuat snack sehat lho untuk anak-anak.
Sebetulnya tujuan utama saya untuk bisa memasak itu untuk menghindari anak-anak jajan sembarangan di luar.Apalagi saat mereka memasuki masa-masa sekolah dan bisa jajan sembarangan sehingga bisa menyebabkan mereka sakit.

Lantas, apa saja sih peranan orang tua dalam pemilihan makanan untuk anak-anak? Secara pribadi menurut saya, orang tua wajib menyediakan makanan yang bergizi untuk anak-anaknya. Orang tua sendiri harus memiliki pemahaman mengenai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan sikecil.

Berbicara soal kewajiban menyediakan makanan yang bernutrisi serta bergizi seimbang ternyata tidak hanya menjadi perhatian orang tua saja lho Moms. PT.Sarihusada Generasi Mahardhika melalui Program Warung Anak Sehat (“WAS”) mencoba untuk merangkul Sekolah-Sekolah Dasar untuk Wujudkan Pola Jajan Sehat dan Bantu Ciptakan Generasi Maju Indonesia. 

Source Foto :  www.sarihusada.co.id 

Apa sih program WAS itu dan apa tujuannya ?
WAS dikutip dari artikel di beritasatu.com adalah kegiatan CSR dari PT.Sarihusada yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anak-anak usia SD.  Salah satu wujudnya adalah dengan adanya kantin sehat di sekolah. WAS ini sangat menggelitik perhatian saya lho Moms, karena dari beberapa artikel yang saya baca ternyata edukasi mengenai nutrisi seimbang dan sehat itu juga diberikan kepada Guru sekolah sampai dengan penjual makanan di kantin sekolah.Salah satu isi edukasinya adalah menyajikan makanan yang bernutrisi dan bebas dari 3P (Pewarna, Pemanis buatan dan Pengawet ).

Selain memberikan edukasi kepada Guru Sekolah dan penjual makanan di kantin sekolah, Konsep WAS adalah mengidentifikasi wanita di daerah yang masih memiliki tantangan malnutrisi untuk diajak menjadi pengusaha mikro (Ibu WAS). Ibu WAS diberi pelatihan dan kredit mikro untuk membuka warung kecil yang menjual produk makanan sehat, baik produk makanan segar olahan dapur sendiri maupun produk makanan olahan industri yang dianggap sehat untuk anak-anak. Selain berjualan, para Ibu WAS akan berbagi pengetahuan tentang gizi dan pola makan seimbang anak kepada ibu-ibu pelanggan warung mereka.[1]

Kapan program WAS ini dimulai ?
Program WAS ini dimulai pada tahun 2011 yang hingga saat ini juga telah menjangkau sebanyak 448 Sekolah Dasar di empat wilayah Indonesia yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Ambon dan telah terdapat 350 IWAS yang bergabung[2].  

Aktifitas apa saja yang dilakukan melalui program WAS ?
Dengan adanya WAS ini, para IWAS akan mendapatkan pelatihan, pendampingan dan peningkatan kemampuan bisnis yang meliputi antara lain cara mengelola bisnis mulai dari pencatatan sampai dengan pengembangan bisnis.

Wah ternyata banyak sekali ya Moms manfaat dari WAS yang diprakarsai oleh PT.Sarihusada ini. Harapan saya semoga kedepannya jangkauan untuk Program WAS ini bisa mencapai seluruh wilayah di Indonesia.Sehingga semakin banyak Ibu dan juga pihak yang melek Nutrisi sehat dan seimbang sehingga dapat melahirkan Anak Sehat generasi maju.

Sekian tulisan saya.
Terima kasih sudah mampir membaca.

Salam,

Nona Septiana
@nonaseptiana








Komentar

  1. Oo, sudah dari 2011 ya ternyata, sudah cukup lama berjalannya, dan sudah banyak sekolah yang bekerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom. Programnya sudah lama dan sudah banyak sekolah dan IWAS yg bekerja sama.

      Hapus
  2. Andai semia sek0lah ada was ya kita.gak khawatir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul makchy. Mamak no worries ya klo anak jajan di skulll

      Hapus
  3. Wahhh semoga kedepan akam semakin banyak warung sehat spt ini ya biar anak2 tdk jajan sembarangan

    BalasHapus
  4. Wahhh programnya bagus banget mom

    BalasHapus
  5. Wah kalau saja disekolah Arya ada WAS ga khawatir lagi akan jajan sembarangan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EPOCH BAOBAB BODY BUTTER

Menyusuri Genting Highland

Secuil Cerita Perjalanan ke Labuan Bajo