Secuil Cerita Perjalanan ke Labuan Bajo



Hallo semua,
Kali ini aku mau menuliskan tentang acara berlibur ke suatu tempat yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Nama tempat itu adalah : LABUAN BAJO. Apa sih yang terpikirkan pertama kali saat mendengar nama Labuan Bajo ? Laut ? Pulau atau Pantai kah? 
Labuan Bajo adalah salah satu nama desa yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo sendiri tak hanya sekedar Pantai yang cantik seperti di Bali atau Lombok, tetapi it is the real Nature. Dimana di sana kita bisa melihat sisi lain dari Indonesia yang betul-betul masih sangat alami. 

Penasarannnnn kan ? Langsung nih aku cerita yaaaaa. J J J

A.  Perjalanan Menuju Labuan Bajo
Perjalanan menuju Labuan Bajo di awali dengan Perjalanan Udara selama 3 jam. Sempat transit dan pindah Pesawat di Bali.  Sehingga perjalanan yang seharusnya cukup ditempuh oleh Aku dan temanku selama 2 jam menjadi bertambah 1 jam sehingga total adalah 3 jam.


B.  Apa saja di Labuan Bajo
Day 1 : Setelah menjalani 1 jam perjalanan udara dari bali, akhirnya kami pun sampai di Labuan Bajo. Sesampainya di Bandar Udara Komodo kami dijemput oleh Guide dan diantar menuju Kapal sebagai tempat kami stay untuk 2 hari ke depan.
Kapal Indonesia Explore adalah kapal yang kami pesan untuk staycation dan berpetualang di Labuan Bajo. Kapal ini muat untuk kurang lebih 15 orang penumpang dan dilengkapi dengan 3 sampai 4 awak kapal. Untuk kamar yang disediakan ada 4 kamar dengan tempat tidur bertingkat sehingga memungkinkan untuk diisi lebih dari 2 orang. Saat Kapal mulai berlayar, rupanya awak kapal sudah mempersiapkan aneka hidangan makan siang yang siap disantap oleh para penumpang. 


Setelah menempuh perjalanan selama 3 jam, akhirnya Kapal sampai di Pulau Kelor. Pulau Kelor ini memiliki area pegunungan yang bisa didaki oleh para pengunjung. Sesampainya di atas, kami bisa melihat sebuah pemandangan yang sangat indah dan pastinya akan membuat kita semakin mengagumi ciptaan Allah SWT. Tips saat mendaki gunung di Pulau Kelor, siapkan sepatu yang nyaman dan aman, sunblock, botol minuman, kacamata hitam, topi dan kamera tentunya. Setelah puas berfoto di atas, kami pun turun dan tak lupa juga membeli Es Kelapa Muda yang dijual oleh penduduk lokal. 




Foto dari Puncak Pulau Kelor


Day 2 : Petualangan selanjutnya adalah menuju Pink Beach. Oleh Guide Tour disarankan agar sepagi mungkin bisa sampai di Pink Beach ini. Karena saat masih pagi, belum padat pengunjung dan tidak akan terlalu panas. Sesampainya di Pink Beach, hanya satu kata : Masya Allah Indahnya. Pantainya benar-benar berwarna pink seperti di foto. Tak hanya itu, Pink Beach ini sangat bersih dan semoga akan selalu bersih ya. Tips berpetualang ke Pink Beach : siapkan air minum yang cukup karena tidak ada penjual minuman di sana, kemudian pakai baju yang nyaman dan jangan lupa untuk bawa baju ganti karena pasti tidak akan tahan untuk berendam dan berenang di sana.



Destinasi selanjutnya adalah, Pulau Komodo. Salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Untuk bisa menuju Pulau Komodo, kurang lebih harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Pink Beach. Sesampinya di sana, tour Guide langsung memberikan beberapa instruksi terkait dengan Tour menyusuri Pulau Komodo ini. Dan hal penting yang harus diperhatikan saat ada di Pulau Komodo ini adalah jangan jauh-jauh dari Ranger atau Pemandu. Karena Komodo termasuk salah satu binatang buas pemakan daging. Di Pulau Komodo ini, kami cukup beruntung karena bisa menjumpai 3 buah Komodo dan berfoto bersama. Meski takut-takut ya, tapi pengalaman yang tak terlupakan bisa bertemu dengan Komodo.




Setelah menyusuri Pulau Komodo, kapal kami pun kembali berlayar menyusuri Lautan dan menuju ke Hotel yang akan jadi tempat kami menginap selanjutnya. Kapal menuju kembali ke Labuan Bajo ditempuh kurang lebih 6 jam. Tips berpetualang di Labuan Bajo : jangan lupa siapkan permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga, bawa stok makanan yang banyak dan juga obat-obatan untuk jaga-jaga ya.
Pukul 7 Malam kami pun sampai di daratan. Selanjutnya kami berisitirahat disebuah Hotel di Labuan Bajo.





C.  Tempat Beli Oleh-Oleh di Labuan Bajo
Day 3 : Sebelum kembali ke Jakarta, setelah sarapan kami diantar oleh Tour Guide menuju ke tempat oleh-oleh. Ternyata lokasi tempat oleh-oleh tadi berada di depan persis bandara. Di tempat oleh-oleh ini kita bisa membeli buah tangan seperti Kaos tulisan komodo, Kopi Bajawa khas Labuan Bajo sampai dengan pernak pernik lainnya. Harganya relatif terjangkau dan sangat senangnya karena semuanya adalah produksi penduduk lokal.



Dan kami pun kembali ke Jakarta melalui perjalanan udara. Sekian secuil ceritaku mengunjungi Labuan Bajo. Rasanya tak akan cukup 1000 kata untuk menuliskan cerita mengenai Labuan Bajo beserta keindahannya. Namun bisa mengunjungi tempat ini dan melihat langsung keindahan Labuan Bajo, membuat aku tak henti-hentinya berdecak kagum. Indonesiaku tak kalah dari Negara lain. Mari kita suarakan destinasi wisata Labuan Bajo ini hingga kancah internasional. Jika bukan kita siapa lagi bukan ? 


Jika ada pertanyaan, silahkan langsung tinggalkan komentar atau colek saja di @nonaseptiana.
Salam,

Nonaseptiana

Komentar

  1. kerennn dehhh jadi pengen ke lauttt 🤩🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuks mom olga ambil paket liburannnnn 😘

      Hapus
  2. Masya allah indah banget ya.. mupeng dech jdnya

    BalasHapus
  3. Menarin informasinya Bunda, saya belum pernah ke Labuan Bajo, kalau saya ke sana sudah ada informasi dari Bunda. Terima kasih ya Bun :)

    BalasHapus
  4. Hi mba Septi...tulisan ttg travelling k Labuan Bajo memberi info dan gambaran kelak akan visit lokasi tsb.dlm waktu ini (planning).trims yaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EPOCH BAOBAB BODY BUTTER

Menyusuri Genting Highland