Mengatasi Anak Susah Makan ala Mici



Hai Moms semua,
Pernah ga ngalamin anak susah banget mau makan ?
Kebetulan aku pernah ngalamin anak susah makan di usia 5 tahun. Tak bisa dibayangkan ya Moms gimana repotnya ketika si anak ini susah banget untuk makan dan maunya jajanan melulu.
Anakku Juna itu pernah ada fase dia gak mau makan masakan aku atau pun catering yang sudah disiapkan. Alasannya pun beragam dari mulai enggak enak masakannya sampai lauknya enggak cocok. Hal tersebut berlangsung selama 2 (dua) minggu berturut-turut dan membuat aku harus berpikir keras cara untuk mengatasi hal tersebut.
Ternyata  setelah dianalisa, beberapa hal yang menjadi penyebab dia tidak m au makan adalah sebagai berikut :
  • Kebiasaan ngemil French Fries di jam-jam 11 siang dan 7 malam.  Jadi Juna ini suka sekali makan kentang goreng alias French fries di jam-jam tersebut. Alhasil sering skip makan siang karena alasannya kenyang.
  • Menu makanan kurang bervariasi seperti misalkan menu olahan ayam hanya digoreng saja.
  • Kebiasaan makan tanpa ditemani. Di sini aku dan ayahnya juga merasa bersalah karena aku nya bekerja dan kebetulah si ayah ini sedang kuliah sehingga sering sibuk mengerjakan tugas.

Berangkat dari 3 hal tersebut, akhirnya aku pun mencoba cara mengembalikan mood makannya kembali. Cara yang aku pakai adalah sebagai berikut :
  • Stop beli alias enggak menyetok French Fries lagi. Di sini sengaja banget aku stop beli yang Namanya kentang goreng beku yang biasa dibeli. Sehingga no more eat French fries dulu. Hal ini sambal jalan aku jelaskan ke Juna juga kenapa enggak boleh makan kentang goreng dulu. Pastinya si anak pun marah ya Moms, namun penting di sini jika Moms mengalami hal yang sama dengan akum aka Moms harus jelaskan alasannya. Supaya dia mau mengerti dan lambat laun bisa menerima hal tersebut. Tapi Namanya ibu ya Moms, pasti ga akan tega. Akhirnya aku pun bersepakat dengan anak bahwa dia boleh makan kentang goreng hanya 1 minggu sekali dan waktunya setelah makan. Jadi beli kentang gorengnya aku pun hanya sedikit saja saat akhir minggu belanja ke supermarket.
  • Mengkreasikan masakan. Tantangan besar untuk aku yang ga bisa masak ini untuk mengkreasikan menu masakan buat anak ya Moms. Tantangannya kali ini adalah mencari tau apa sih kesukaan Juna selain ayam kremes. Ternyata Juna suka sama abon tuna. Untung banget di era digital ini pemesanan bisa melalui marketplace maupun media whats up ya Moms.
  • Membiasakan mengatur jam makan Bersama. Di sini aku ambil jam makan Bersama itu di pagi hari dan malam hari setelah aku pulang kantor. Sehingga anak pun tetap merasa bahwa orang tuanya hadir dan perhatian kepadanya. Tantangannya pasti ada ya Moms, aku harus mengatur waktu pulang kantor tepat waktu dan memaksimalkan waktu bekerja selama 9 jam tersebut untuk bekerja semaksimal mungkin.

Alhamdulillah,  setelah diterapkan perlahan-lahan juna udah mulai mau makan banyak lagi dan mau makan makanan catering atau masakan aku sendiri. Bahkan pernah pas kejadia si adiknya lagi sakit, karena mama repot banget, Juna Cuma sempet makan sama si Abon Tuna yang selalu aku sediakan di rumah. Abon tunanya ini enak dan gurih banget lho Mom. Di makan sama nasi putih hangat atau nasi goreng aja udah terasa gurih dan enaknya. Malah kadang aku tuh campurin ke makanan gendis juga.



Jreng.....jreng…....
Ini dia Abon Tuna yang aku maksud. Awal kenal dulu itu Pas jaman Juna umur 3 tahun lagi sakit dan gam au makan. Eh pas itu aku iseng-iseng aja tabur si abonnya di atas nasi panas untuk makan dia. Alhasil makan dengan lahap. Nah kemarin itu Pas banget habis acara Mom Academy Tangerang, dengan Abon Nona Tuna selaku sponsornya kasih gift berupa abon tuna.




Abon Nona Tuna ini terdiri dari 2 rasa yaitu original dan peda. Terbuat dari ikan tuna segar dan      bahan-bahan pilihan. Daging ikan tuna segar dimasak secara tradisional dengan mencampurkan bahan-bahan alami, tanpa pengawet msg dan perasa buatan.

Aku pribadi sering belinya yang original karena buat anak anak, tapi pernah beberapa kali beli yang pedes buat aku cemilin sendiri. Hihihi karena kan ga hanya anak anak aja yang suka tapi orang dewasa dijamin juga suka banget. Kreasi dengan abon nona tuna ini paling seringnya sama nasi goreng atau bikin onigiri buat bekal juna. Meski kadang pernah sih si Juna minta ditaburin di spaghetti. Hihihi.




Abon nona tuna ini aku biasa beli langsung di toko onlinenya yang ada di biodata Instagram Abon Nona Tuna. Adminnya fast respon banget dan pengirimannya juga cepet. Pemesanan melalui website pun sangat mudah. Jadi Moms semua kalo mau pesen Abon Nona Tuna aku jamin ga ribet deh. Banyak pilihan pengiriman sampai pembayarannya juga.

Sekian ceritaku soal anak gam au makan dan abon nona tuna si penyelamat nafsu makan anak. Buat Moms yang mau tanya-tanya, silahkan lewat komen atau dm di Instagram juga boleh yaaaa.

Makasih sudah mau baca ceritaku.

Salam, 

Nona Septiana 
@Nonaseptiana


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EPOCH BAOBAB BODY BUTTER

Menyusuri Genting Highland

Secuil Cerita Perjalanan ke Labuan Bajo