Mengunjungi Kampung Coklat Blitar



Hallo semua, 

Udah pernah denger belum soal Kampung Coklat ? Tahun lalu sebelum pandemi corona melanda Indonesia saya dan anak-anak sempat berkunjung ke Kampung coklat yang ada di Blitar Jawa Timur. Kebetulan sekali lokasinya itu kurang lebih hanya 1 jam dari kota Kediri. 

Sebelumnya saya mau cerita soal sejarah kampung coklat ya. 

Awal mula adanya Kampung coklat ini berawal dari kegagalan ternak ayam petelur karena adanya virus Flu burung. Kemudian Bapak Kholid mustafa mulai menekuni budidaya kakao di kebun keluarga yang telah ditanami kakao sejak tahun 2000. 

Kemudian ditahun 2007, program gerakan kakao semakin berkembang, kepercayaan untuk memasok biji kakao ke pabrikan coklat juga semakin berkembang. Berangkat dari hal tersebut dan keinginan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat maka dimulailah produksi coklat dengan citarasa khas Indonesia. 

Selanjutnya apa saja yang ada di sana, Lets cekidot yah...

A. Lokasi Kampung Coklat. 

Kampung coklat ini sendiri berada di desa Plosorejo kecamatan kademangan kota Blitar. Jika di tempuh dari Kediri, kurang lebih 1 jam dengan Mobil berkecepatan sedang. Kebetulan saat itu saya lagi mudik ceritanya nih. Hihihi, kampung halaman saya memang di Kediri yah. Lokasinya sendiri mudah sekali ditemui dan berada di pinggir jalan besar. Namun yang perlu diperhatikan mungkin lokasi parkir ya, karena banyak sekali pengunjung, kemungkinan akan apabila kita sampainya agak siang, maka parkirnya pun sedikit lebih jauh. Sebagai informasi, kampung coklat ini buka mulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB ya. 

B.  Tiket masuk

Untuk tiket masuknya pun cukup murah, kebetulan seingat saya waktu itu per orang dikenakan biaya Rp5.000,-, cukup terjangkau ya. 

C. Arena Permainan 



 


Pas masuk ke dalam Kampung Coklat ini, wow ternyata luas sekali lho. Banyak sekali pepohonan, tempat duduk dan arena permainan untuk anak. Kebetulan waktu itu anak saya mencoba permainan motor-motoran, mandi bola dan menghias coklat. HTM dari masing-masing permainan ini juga cukup terjangkau ya. Yang menarik di sini adalah saat menghias coklat, kita juga bisa langsung membawa pulang coklat yang kita hias lho. Seru ya, berlibur sekaligus mengajarkan kreatifitas kepada anak. 

D. Fasilitas 

                                      

Saat kita berkunjung ke Kampung Coklat, Tak perlu khawatir ya, karena Fasilitas di sana sangat lengkap sekali, ada Masjid yang sangat bersih dan cantik desain interiornya, wajib berfoto-foto ya. Kemudian di pelataran masjid juga ada kolam ikan dan halaman dengan pohon yang rindang. Sangat instagramable sekali deh pokoknya. Tempat makan juga tak perlu khawatir, karena banyak sekali penjual makanan di sana, tempatnya juga bersih serta harganya terjangkau. 

E. Beli Oleh-oleh 







Nah ini juga penting sekali, membeli buah tangan alias oleh-oleh juga disediakan tempat khusus untuk membeli oleh-oleh. Seperti supermarket tersendiri dengan banyak sekali produk yang bisa dipilih. Mulai aneka coklat, batik, tas, gantungan kunci, makanan dan lain-lain. Jika suatu saat berkunjung ke sini, sempatkan untuk membeli coklat asli kampung coklat ya. Coklat yang dijual ini dikemas dengan sangat menarik, cocok sekali jadi buah tangan. Gak kalah dengan coklat yang dijual di luar negeri. Dan pastinya mari kita support produk Indonesia. 

Wisata edukasi Kampung coklat ini tentunya menjadi salah satu hal yang bisa membantu pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat dan tentunya daerah tersebut. Semoga setelah pandemi ini berakhir, pariwisata di Indonesia akan kembali pulih. 

Sekian cerita saya soal kampung coklat. Salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Timur. . 

Salam, 

Nona Septiana. 


Komentar

  1. Balasan
    1. moga moga pandemi segera pergi yaaa...nanti jjs kita ke siniiii

      Hapus
  2. Wahh asyik nya nih liburan ke kampung coklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi seru banget memang liburan di sini mom

      Hapus
  3. Aku beluum pernah kesana.. Klo ke jatim cm ke malang batu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah next perlu diagendakan kalo ke jatim lagiiiii. hihihi

      Hapus
  4. Yuuuuk Mariii ke kampung coklat 1 Jam dari kediri 👍

    BalasHapus
  5. Tiket masuknya terjangkau bngt nih mba. Kapan-kapan pas ke jawa timur mampir ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terjangkau banget. makanan juga murah di dalam.

      Hapus
  6. Kunjungan perdana ke blog ini lewat link yang dikirim ke grup WA. Menarik destinasi di Blitar ini. Buat penggemar coklat wajib ke sana. Produk lokal tidak kalah dengan luar negeri. Tiket masuknya terjangkau, cuma ongkosnya aja mahal kalau dari Jawa barat hehe... Sukses selalu

    BalasHapus
  7. aku belum pernah ke kampung coklat ini
    padahal udah ngelist dari lama klo jalan-jalan ke blitar
    eh keburu coroces
    oh jadi engga jauh ya mbak dari kediri
    terjangkau juga harga tiketnya
    makasih infonya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga jauh kak. mudah mudahan corona segera menghilang ya. dan bisa travelling lagi deh.

      Hapus
  8. wuaaah.. seru bener ini siiih.. andai kampung coklat ada di Bali juga, pasti tiap weekend kesana, hihi..

    BalasHapus

Posting Komentar