Teknologi Digital Sahabat Ibu Warung Sehat (IWAS)

                                     

Dewasa ini profesi sebagai wirausaha atau entrepreneur semakin berkembang pesat. Banyak sekali para Bunda yang mencoba profesi ini dan sukses.

A. Pemberdayaan wanita sebagai wirausaha melalui Warung  Anak Sehat

Saat ini wanita tak lagi hanya memiliki tugas utama bersolek, memasak dan melahirkan anak, melainkan juga aktif secara ekonomi. Tujuan utamanya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan diri sendiri.

Salah satu bentuk pemberdayaan wanita yang banyak dijumpai adalah adanya pemberian palatihan sesuai dengan minat hingga pendampingan dalam menjalankan usaha. Sejalan dengan semangat pemberdayaan wanita, PT. Sarihusada Generasi Mahardhika juga memiliki sebuah program social yaitu Warung Anak Sehat dengan peserta adalah para wanita atau Bunda.

Warung Anak Sehat (WAS)

1) Apakah Warung Anak Sehat Itu ?

Warung Anak Sehat adalah sebuah program social yang diinisiasi oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardhika yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anal-anak usia sekolah dasar.

2) Kapan program WAS dimulai ?

Program WAS ini dimulai pertama kali di tahun 2011 dan masih berlangsung sampai dengan sekarang.

3) Berapa banyak Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) yang tergabung di dalamnya ?

Hingga saat ini sudah 446 sekolah dengan total sebanyak 350 IWAS yang tergabung dalam program ini. Para IWAS juga berasal dari berbagai daerah seperti Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

4) Apa tujuan diadakannya program WAS?

Tujuan WAS adalah sebagai berikut :

  • WAS dibutuhkan untuk memberikan akses mudah kepada anak-anak agar bisa membeli jajanan sehat dengan harga terjangkau;
  • Untuk membangun kesadaran orang tua akan pentingnya hidup sehat;
  • Meningkatkan rasa bangga wirausaha perempuan dengen mengelola kantin di dalam sekolah; dan
  • Memberikan peningkatan pendapatan bagi IWAS sebagai duta perbaikan gizi anak Indonesia.

5) Aktifitas apa saja yang dilakukan melalui program WAS?

Melalui WAS, setiap IWAS akan mendapatkan pelatihan, pendampingan dan peningkatan kemampuan bisnis meliputi bagaimana cara mencatat penjualan serta keuntungan dan mendapatkan saran rekomendasi pengembangan usaha. Selain itu IWAS juga bisa mengembangkan diri menjadi pengusaha professional, menjalin koneksi bisnis dengan pengusaha perempuan lainnya sekaligus menjadi duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah sekolah.

Wah, sangat menarik sekali ya program WAS ini.


B. Pandemi Corona dan IWAS




Tak dapat dipungkiri bahwa memang pandemic Corona ini berdampak pada seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali juga pada IWAS. Para IWAS yang setiap hari berjualan jajanan dan cemilan sehat di kantin sekolah tentunya menjadi tidak dapat berjualan karena banyak sekolah yang mengubah pembelajaran menjadi online sehingga kantin sekolah pun ikut di tutup.

Sedih ya mendapati kondisi sedemikian rupa, tapi apapun kondisinya seorang wanita pasti akan tetap pantang menyerah mencari solusi. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi digital dalam berjualan.

Memang bukan hal baru bahwa di saat pandemic corona seperti ini teknologi digital memegang kendali. Bahkan banyak sekali yang terbantu untuk menjalankan usahanya dengan adanya teknologi digital ini.

Lantas bagaimana teknologi digital ini bisa jadi sahabat para IWAS?

Kunci utamanya adalah mau belajar teknologi digital. Contoh yang paling memudahkan ini adanya menggunakan Platoform aplikasi sebagai wadah berjualan maupun berpromosi seperti Instagram, Facebook, dan juga berbagai marketplace.

Berikut ini beberapa rekomendasi Platform atau Media untuk promosi :

Instagram

Tak dipungkiri lagi bahwa platform yang memiliki fungsi berbagi foto dan video ini, sekarang juga sudah menjadi platform yang diminati dalam rangka berjualan atau promosi. Bermodalkan foto cantik produk jualan dan keterangan produk mampu menarik banyak orang untuk membeli produk tersebut.

Facebook

Platform yang sudah muncul sejak tahun 2004 ini, juga bisa dipergunakan untuk mempromosikan usaha. Sama seperti Instagram, kita dapat memposting foto cantik sebuah produk disertai dengan keterangan mengenai produk tersebut. Hingga saat ini pengguna facebooksendiri sudah mencapai 1 milyar pengguna. Sangat potensial untuk dipergunakan sebagai media promosi ya.

Marketplace

Selain platform media social seperti Instagram dan Facebook, ada lagi platform marketplace yang saat ini tentunya sudah cukup familiar seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan menginstal platform tersebut di HP dan kemudian register menggunakan data-data lengkap. Dalam hitungan beberapa menit ke depan, kita seperti bisa memiliki Toko Online dengan cakupan pembeli yang semakin banyak.

Itu tadi di atas beberapa platform atau aplikasi yang berpotensial dapat menjadi sahabat para IWAS untuk tetap bisa mempromosikan usahanya. Sehingga para IWAS tetap dapat berdikari menjalankan usahanya baik secara offline dan online. 

Terkait dengan teknologi digital, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia membuat program inisiatif berkelanjutan mealui edukasi pemanfaatan teknologi digital yang menunjang usaha para IWAS di social media. Bentuk programnya antara lain Program Women Will yaitu sebuah inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia.

Program Women Will tersebut, telah dilakukan pertama kali pada bulan Oktober ini kepada 50 IWAS dan selanjutnya akan dilakukan kembali pada bulan November.

Info mengenai program ini dapat di baca di  Artikel Danone SN Indonesia Bantu Ibu Kantin Sekolah.

Sungguh luar biasa sekali ya program WAS ini. Semoga program WAS ini semakin bisa menjangkau dan menciptakan para IWAS di Indonesia.




Komentar

  1. " wah Moms infonya sangat bermanfaat nih. Aku termasuk yang memanfaatkan teknologi digital untuk jualan lho, terima kasih banyak ya mom ".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, teknologi digital sangat membantu ya Mom fatma. Sukses ya utk usahanya.

      Hapus
    2. Wahhh thanks sharingnya mom

      Hapus
    3. Bagus banget ini... Sangat membantu ibu2 untuk lebih berkreasi & berinspirasi lebih bagus lg..jd sangat berguna ya mom...

      Hapus
  2. Betul-betul produktif, moms

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren Bunsay, programnya sangat bagus. Semoga makin sukses usahanya Bunsay. 😘🤗

      Hapus
    2. Keren Bunsay, programnya sangat bagus. Semoga makin sukses usahanya Bunsay. 😘🤗

      Hapus
  3. Wah program nya sangat bagus ya..melek digital itu juga diperlukan dalam mengembangkan usaha kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulllll makchy, melek digital itu utama yah, membantu bgt utk jualan.

      Hapus
  4. Keren banget ya Bun programnya... jadi makin melek teknologi dan makin berkembang di tengah pandemi seperti sekarang ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali Bunda. membantu juga untuk tetap produktif yaj.

      Hapus
  5. Bagus ya jadi semangat nih dagangnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, support untuk para ibu utk menyajikan makanan yang bergizi bun.

      Hapus
  6. keren amat mba bisa bikin bgni.

    BalasHapus
  7. Waahh kereennn bgt nih Programnya pas bgt buat arahan untuk aku lebih maju lagi dengan teknologi saat ini, makasih mom Ociiii infonya

    BalasHapus
  8. Semoga bisa membantu para mompreneur yaaa makk... Keren programnya, menggabungkan dengan teknologi ^^

    BalasHapus
  9. Wah... Program yang sangat bagus nii, membantu para ibu untuk jadi Wirausaha sukses... Dengan bantuan teknologi digital, semoga semakin sukses yaa..

    BalasHapus
  10. Memanfaatkan platform sosmed saat ini harus maksimal tuk optimalkan pengusaha terlebih IWAS yang baru memulai

    BalasHapus
  11. Bermnfaat bgt infonya mom😊

    BalasHapus
  12. Bagus programnya nih, smoga banyak pihak terbantu ya

    BalasHapus
  13. Cocok...beradaptasi dan memanfaatkan berbagai peluang dan sarana pendukung merupakan salah satu kunci menghadapi dan bertahan di tengah pandemi COVID-19

    BalasHapus
  14. Bagus jg ya program.iwas bisa membantu perekonomian keluarga

    BalasHapus
  15. Bagus program nya , jarang sekali ada program begini, semoga pandemi segera berlalu yaa

    BalasHapus
  16. Awesome!!! Ga kuper bukan berarti harus selalu kelayapan ninggalin anak...gaul dan keren tapi tetep concern sama anak...mommy mas kini harus bgini emang ya. Perihal jajan anak emang kudu diajarin sejak dini, bukan sekedar soal gizi tapi habit anak sampai dewasa. Thx infonya mom oci

    BalasHapus
  17. Keren bgt mom info nya.. Bermanfaat bgt bagi yg berjualan di masa pandemi seperti ini.. Sukses selalu mom dengan program nya.. 😘😊

    BalasHapus
  18. Terima kasih infonya Mom,semoga bermanfaat dan sukses selalu..Aminn

    BalasHapus
  19. Wah ini programnya bagus sekali ya bun,semoga program ini bisa berkesinambungan sehingga membantu meningkatkan perekonomian keluarga😍

    BalasHapus
  20. Program dari Danone keren banget yaa ikut berdayakan perempuan pengusaha

    BalasHapus
  21. Wah bermanfaat banget nih , terimakasih informasinya mom

    BalasHapus
  22. Nice info. Semoga bisa memberi manfaat untuk banyak orang

    BalasHapus
  23. Thanks infonya mam oci... Semangat berkarya terus ya...

    BalasHapus
  24. Keren bangett nih programnya dari SGM ya,

    BalasHapus
  25. Sangat mendukung utk program IWAS, semoga para Ibu IWAS dapat selalu sehat dan sukses usahanya.

    BalasHapus
  26. Sharing yg menarik dan bermanfaat Mami Oci.
    Program IWAS dapat membantu ibu2 meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.
    Moga program ini sukses dan dapat ditiru conpany lainnya.

    BalasHapus
  27. Bagus banget ni mom program nya, jadi kita juga sebagai ibu yang di rumah ga khawatir anaknya jajan apa di sekolah..Sukses!!

    BalasHapus
  28. Program Danone ini bagus sekali mom. Makin banyak perempuan berdaya dari program ink

    BalasHapus
  29. keren banget mom programnya...

    BalasHapus
  30. Memang semenjak pandemi, semua sektor pasti merasakan dampaknya ya Mba.. Alhamdulillah Danone membantu warung iwas agar tetap bertahan melalui kemajuan teknologi di bidang media. Semoga iwas selalu bertahan di segala keadaan.

    BalasHapus
  31. Program sosial dari PT. Sarihusada Generasi Mahardhika ini keren banget ya sudah menjankau 350 IWAS. Semoga bisa eksis dan makin banyak ibu kantin terjangkau.

    BalasHapus
  32. Wah programnya keren banget ya kak salut banget nih bisa menginspirasi ibu-ibu lainnya untuk menyediakan makanan yang bergizi sehingga bermanfaat juga buat anak-anak pastinya

    BalasHapus
  33. Senaaaang sekali rasanya kalo ada yg care sama ibu-ibu kantin sekolah kita. Semoga semakin banyak ibu kantin yang diberdayakan melalui IWAS ini ya mba. Jadi nostalgia zaman sekolah euy. Kalo udah jam istirahat, itu sampai rebutan tempat duduk buat makan di kantin favorit.

    BalasHapus
  34. Baru dengar aku tentang WAS kepoin ah, thanks infonya ya mak

    BalasHapus
  35. Danone SN Indonesia sungguh peduli ya dengan membantu Ibu Kantin Sekolah melalui program IWAS ini.Semoga program IWAS ini semakin bisa menjangkau dan menciptakan para IWAS di Indonesia yang maju dan berdaya.

    BalasHapus
  36. keren banget deeh ini buibu jadi pada aktif dan berkontribusi yaa.. malah kalau banyak kegiatan gini biasanaya jiwa makmak pada keluar dan optimal :D

    BalasHapus
  37. Ternyata program WAS lama juga ya. Bahkan sebelum pandemi corona. Tetap semangat ibu kantin buat terus berusaha. Tenang Danone mendukung dari belakang

    BalasHapus
  38. Saya turut mengucapkan terimakasih loh sama Danone. Karena membantu para iwas agar tetap bertahan di tengah pandemi.

    BalasHapus
  39. Seneng ya mba PT sari husada ini sampai memberikan pelatihan dan pendampingan gini. Bener-bener membantu dan memberdayakan perempuan di bidang ekonomi. Apalagi zaman sekarang, karena pandemi jadi ibu dituntut perlu terjun juga mencari nafkah juga

    BalasHapus
  40. Saya bukan penjual makanan seperti warung sehat.
    Tapi saya suka sekali beli makanan dari warung-warung sehat sehat seperti ini... hehehe
    sudah enak, sehat pulak wahhhh

    BalasHapus
  41. pemenuhan jajanan sehat buat anak-anak emang penting ya mba, biar ga jajan micin mulu, emang jaman sekarang tuh harus melek digital yaa buat berwirausaha

    BalasHapus
  42. akses jajanan sehat emang penting dan perlu y mba biar anak-anak ga jajan micin mulu, dan emagn sekarang harus melek digital buat usaha

    BalasHapus
  43. Pelatihan IWAS ini membuat ibu2 menjadi produktif dan kreatif ya mbak senang deh membaca ulasan artikelnya karena ada harapan bangkitnya perekonomian sakala ibu rumah tangga saat situasi pandemi spti sekarang ini. Semangat ya..

    BalasHapus
  44. Lihat semua macam-macam makanannya jadi ngiler Mba. bener banget ya memberikan makanan untuk anak sehat ya dengan menyediakan warung sehat ya

    BalasHapus
  45. Ternyata program WAS udah dari tahun 2011, tapi aju baru tahu sekarang. Senang sih PT sari husada turut membantu untuk menggerakkan Perekonomian perempuan dengan pemberdayaan skill begini, supaya lebih kreatif dan tangguh menghadapi keadaan juga

    BalasHapus
  46. Semoga makin banyak ibu-ibu yang bisa ikut program IWAS ini, dan makin banyak anak yang suka dan terbiasa makan jajanan sekolah yang sehat. Saya jadi ortu juga tenang jadinya, kalau tahu anak makan jajanan sehat

    BalasHapus
  47. Wah menarik sekali ya mba program ini warung anak sehat (IWAS) yang digagas PT Sari Husada dan Danone.

    Apakah program ini merata di seluruh wilayah Indonesia mba?

    BalasHapus
  48. Wah menarik sekali ya mba program Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) yang digagas PT Sari Husada bersama Danone ini.

    Apakah program ini tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia atau hanya di pulau Jawa saja mba?

    BalasHapus
  49. Kalau mau bergabung di WAS, bagaimana caranya ya, mbak? Program yang bagus sekali ini

    BalasHapus
  50. Dengan adanya pelatihan ini para ibu IWAS jadi melek teknologi ya jadi selama kantin sekolah tutup jualan bisa online

    BalasHapus
  51. ini program yg sangat inspiratif ya mbak...
    bermafaat dan sangat membantu di masa pandemi seperti ini

    BalasHapus
  52. Bagus programnya, dari yang mengelola kantin kecil di sekolah semoga kelak lahir pengusaha2 UMKM kuliner ya mbak? Apalagi udah diajarkan memasarkan pakai media digital juga

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah ya berkat Danone, IWAS tetap bisa berjualan melalui online.
    tapi meskipun demikian, semoga pandemi ini segera berakhir biar para IWAS bisa kembali berjualan langsung lagi pada anak-anak ketika sekolah telah dibuka kembali :)

    BalasHapus
  54. Bagus sekali program PT. Sarihusada Generasi Mahardhika ini. Memiliki salah satu bentuk pemberdayaan wanita yakni pemberian palatihan sesuai dengan minat hingga pendampingan dalam menjalankan usaha. Lewat program IWAS semoga makin banyak ibu yang berdaya

    BalasHapus
  55. dengan banyaknya platform sosmed yang ada sebenernya jadi labih gampang mempromosikan produk kita.. tapi kudu tau ilmunya.. untunglah ada pelatihan dan pendampingan seperti ini.. ibu ibu pasti terbantu sekali

    BalasHapus
  56. Seperti ini nih yg harus diacungi jempol & diikuti oleh penyelenggara lainnya utk membantu ekonomi masyarakat jg kan akibat pandemi

    BalasHapus
  57. Wah sebagai ibu saya setuju banget ada program WAS ini. Jadi lebih tenang dan mudah kalau mau beliin jajan anak. Namanya anak-anak kan pasti suka jajan. Alangkah lebih baiknya kalau jajanan tersebut sehat dan bergizi, bukan hanya sekedar enak.

    BalasHapus
  58. Mantap sekali program dari PT Sari Husada ya Mbak. Salut lah, udah memberikan pelatihan untuk membantu memberdayakan para perempuan melalui program seperti IWAS yang meski kena dampak di masa pandemi gini tetap bisa jalan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

    BalasHapus
  59. Bagus banget programnya, apalagi saat pandemi kaya gini, kita bisa berjualan lebih mudah dirumah aja. Dan enggak perlu ninggalin anak anak juga.

    Sekarang semua bisa dilakukan via online

    BalasHapus
  60. Makin kesini makin banyak usaha yang menarik ya, jadi pandemi begini gak masalah deh untuk lebih maju, pendapatan bisa tetap masuk ya

    BalasHapus
  61. Program seperti ini mendukung banget usaha mikro para ibu warung ya mba. Apalagi dampak domino yang disebabkan oleh adanya pandemi ini. Siapapun pasti merasakan dampaknya, keren banget nih programnya. Saluuut!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EPOCH BAOBAB BODY BUTTER

Menyusuri Genting Highland

Secuil Cerita Perjalanan ke Labuan Bajo